News & Articles

Cara Mudah Membuat Laporan Kampanye Media Sosial

Laporan Kampanye Media Sosial

Kampanye media sosial umumnya berlangsung dalam periode waktu tertentu dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Sebagai penanggung jawab kampanye, anda harus selalu siap siaga memonitor setiap perkembangan yang terjadi pada media sosial yang anda tangani. Semakin dinamisnya dunia digital, khususnya media sosial saat ini, menyebabkan anda harus siap dengan perencanaan alternatif untuk mencapai tujuan kampanye media sosial anda apabila terjadi situasi yang tidak anda prediksi sebelumnya. Oleh karena itu laporan kampanye secara rutin merupakan hal yang sangat penting anda miliki. Selain menjadi pertanggungjawaban anda kepada klien, laporan kampanye media sosial secara rutin juga akan membantu anda untuk mencapai tujuan akhir dari kampanye media sosial yang anda laksanakan.

Berikut beberapa tips untuk membuat laporan media sosial yang informatif

Apa Saja Yang Harus Ada Di Laporan

Sebelum membuat laporan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut: 1.Siapakah Target Audiens Anda? 2.Apakah Jenis Kampanye Yang Akan Anda Presentasikan? 3.Apa Saja Informasi Yang Relevan dengan Kampanye? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut anda akan mendapatkan sebuah gambaran besar mengenai apa saja yang akan anda laporkan kepada klien anda. Setelah mendapatkan gambaran besarnya, anda dapat memulai membuat laporan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:

Gambaran Umum

Laporan anda dapat dibuka dengan gambaran umum mengenai kampanye tersebut serta gambaran singkat mengenai perjalanan kampanye media sosial hingga saat anda membuat laporan tersebut.

Gambaran Keberhasilan

Anda dapat bercerita secara singkat mengenai pencapaian target yang telah dibebankan oleh klien anda. Anda dapat menyajikan keberhasilan-keberhasilan yang sudah dicapai selama periode kampanye tersebut. Misalnya anda dapat menampilkan lonjakan jumlah followers atau foto-foto para peserta kuis

Data Dan Fakta

Ini adalah bagian dimana anda menjelaskan secara detail mengenai performa akun media sosial yang sedang anda tangani. Anda dapat menyajikan perbandingan data seperti: Pertambahan / Pengurangan Jumlah Post Pertambahan / Pengurangan Jumlah Followers / Fans Perbandingan Jumlah Klik, Like, dan Share Jumlah Followers / Fans Yang Membuka Profil Akun Media Sosial Anda Jumlah Penonton Video Yang Anda Post Jumlah Penonton Story Anda Post Yang Memiliki Performa Terbaik Anda juga dapat menambahkan total budget yang sudah anda gunakan pada Facebook Ads / Instagram Ads dan Iklan media sosial lainnya. Selain itu anda juga dapat memberikan laporan mengenai influencer yang bekerja sama dengan anda dalam kampanye media sosial tersebut.

Analisis

Setelah penyajian di bagian laporan sebelumnya, pada bagian ini anda dapat memaparkan hasil analisis anda berdasarkan data-data yang sudah anda sajikan. Anda dapat memberikan perbandingan mengenai jenis post mana yang efektif serta faktor-faktor yang menyebabkannya. Anda juga dapat memberikan saran-saran untuk perbaikan dari kampanye yang masih kurang efektif.

Kesimpulan

Anda dapat menutup laporan dengan memberikan ringkasan mengenai hasil dari kampanye media sosial anda selama periode laporan.

Tips:

Buatlah Sesimpel Mungkin

Buatlah laporan dengan format semudah mungkin untuk dibaca. Biarkan data anda bercerita untuk anda

Fokus Pada Tujuan Kampanye

Pastikan konten laporan anda sudah sesuai dengan tujuan kampanye anda. Jangan menyajikan konten atau data yang tidak relevan dengan kampanye media sosial anda.

Kenali Audiens Anda

Konten dan format laporan anda harus disesuaikan dengan pembaca laporan media sosial anda. Untuk siapakah laporan ini dibuat? Direksi? Manajer? Sales? Audiens akan menentukan pula data-data yang akan anda sajikan. Tim sales mungkin tidak akan tertarik dengan jumlah uang yang berhasil anda hemat dalam periode kampanye, namun Direksi mungkin akan berpikir sebaliknya. Artikel disadur dari:Hootsuite

alglo_wp_adm

Recent Posts

Klarifikasi Pencatutan Nama PT Aldrich Global Digital

Kami, PT Aldrich Global Digital , dengan ini mengeluarkan pernyataan klarifikasi terkait adanya pencatutan nama…

10 bulan ago

Jasa pembuatan website penyedia virtual office Cimanggis Depok Profesional

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pembuatan website penyedia virtual office Cimanggis Depok yang profesional dan…

1 tahun ago

Jasa pembuatan website perusahaan Event Organizer Mampang Prapatan Berpengalaman

Kami menyediakan jasa pembuatan website perusahaan Event Organizer di Mampang Prapatan bagi Anda yang tinggal…

1 tahun ago

Jasa pembuatan website perusahaan EO Jatimulya Profesional

Aldrich Global Digital menyediakan jasa pembuatan website perusahaan EO di Jatimulya bagi Anda yang tinggal…

1 tahun ago

Jasa pembuatan website Startup Bakti Jaya Profesional

Kami menawarkan jasa pembuatan website Startup di Bakti Jaya yang profesional dan berpengalaman. Hubungi kami…

1 tahun ago

Jasa pembuatan website rumah makan Kukusan Depok Berpengalaman dan Profesional

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pembuatan website rumah makan Kukusan Depok yang profesional dan berpengalaman,…

1 tahun ago