News & Articles

Cara Menentukan Positioning Produk

Tanpa penentuan posisi yang cerdas , produk yang paling banyak diteliti dan dikembangkan dengan baik dapat kehilangan keunggulan kompetitifnya di pasar.

Positioning produk adalah salah satu strategi dalam gudang keberadaan produk Anda yang panjang dan bahagia — tetapi apa sebenarnya itu, dan mengapa itu penting?

Apa itu Positioning Produk?

Positioning produk adalah istilah untuk bagaimana konsumen berpikir tentang suatu merek. . Ini memungkinkan Anda untuk mempresentasikan produk Anda ke pasar target Anda dalam keadaan terbaik dan merupakan elemen penting dari rencana pemasaran Anda.

Pemosisian produk membantu pengiklan, pengembang produk, dan tim produk dengan banyak aspek pemasaran produk, seperti:

  • Menjelaskan nilai produk Anda kepada pelanggan Anda
  • Menentukan apa yang membuat produk atau layanan Anda menonjol dari pesaing Anda
  • Mengidentifikasi target audiens Anda dan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka
  • Membangun dan memelihara kesadaran seputar produk atau layanan Anda

Informasi yang Perlu Anda Ketahui Tentang Produk dan Pasar Anda

Sangat penting untuk mengetahui produk Anda dan target pasar Anda di dalam dan di luar saat mengembangkan strategi positioning produk Anda. Untungnya, banyak blok bangunan inti dari strategi pemasaran Anda yang ada akan berkontribusi untuk mengembangkan strategi pemosisian produk yang efektif dan akan membantu menyoroti nilai unik produk atau layanan Anda.

Misi

Ini adalah “mengapa” produk atau layanan Anda ada? Apa masalah yang dipecahkannya dan bagaimana Anda membayangkan pelanggan Anda menggunakannya? Mendefinisikan misi Anda juga akan membantu Anda untuk berpikir lebih jernih tentang bagaimana membawa pasar Anda.

Kategori Pasar

Kategori pasar Anda adalah zona persaingan Anda. Apa jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan? Apakah Anda memasuki pasar yang sudah mapan atau sedang berkembang, atau menciptakan kategori pasar yang sama sekali baru, inilah kesempatan Anda untuk menentukan siapa yang Anda hadapi.

Poin Rasa Sakit Pelanggan

Apakah Anda tahu apa poin nyeri utama pelanggan Anda? Apakah produk atau layanan Anda membahas satu atau, lebih baik lagi, semuanya? Bagaimana Anda bisa lebih ahli memposisikan produk atau layanan Anda sebagai solusi untuk tantangan ini?

Saat Anda mempertimbangkan perjalanan pelanggan Anda dan bagaimana produk Anda dapat mengatasi masalah umum mereka, Anda dapat membuat kartu persona pengguna untuk referensi seluruh tim produk.

Diferensiator Perusahaan dan Produk Tergantung pada target pasar Anda, orang lain mungkin telah mencoba mengatasi masalah yang sama. Jadi kuncinya adalah mendefinisikan dengan jelas mengapa dan bagaimana produk atau layanan Anda memberikan solusi yang lebih baik untuk masalah tersebut Di pasar yang jenuh, sangat penting untuk membedakan produk Anda dari pesaing. 

Identitas merek

Berhenti sejenak untuk memikirkan merek yang paling dikenal saat ini . Putri duyung Starbucks hijau, sapuan Nike, sasaran tepat sasaran, lengkungan McDonalds emas, dan banteng merah Redbulls .

Untuk masing-masing merek ini, nama perusahaan tidak perlu ada di dalam logo agar seseorang tahu persis apa mereknya. Faktanya, logo tersebut dapat membangkitkan semacam emosi dalam diri Anda. Ini adalah ujian tak tertandingi dari identitas merek yang kuat.

Untuk membuat logo yang efektif, pikirkan tentang apa yang Anda ingin merek Anda dikenal. Proses ini mungkin memakan waktu karena membutuhkan introspeksi kolektif, visi, dan kreativitas.

Penglihatan

Pertimbangkan visi produk Anda secara keseluruhan sebagai bagian dari positioning produk Anda. Memanfaatkan motivasi Anda untuk menciptakan produk Anda akan membantu Anda mendefinisikan dengan jelas nilai dan potensi pertumbuhan layanan atau produk Anda.

Pernyataan Pemosisian Produk

Dengan elemen pemasaran dasar ini, Anda akan siap untuk mulai mengembangkan pernyataan pemosisian produk yang solid. Ini akan menjadi inti dari pemasaran strategis dan pesan pelanggan Anda.

Pernyataan pemosisian produk yang berhasil akan menjelaskan layanan atau produk Anda dan nilainya kepada pemirsa target Anda.

Setelah seluruh tim produk menyetujui pernyataan pemosisian produk, Anda dapat menyusun tagline kreatif yang menghadap ke pelanggan.

Kesalahan Umum dan Pengawasan Yang Harus Dihindari

Sebagian besar produk dan layanan yang tidak diposisikan dengan benar dalam pasar sasaran akhirnya berakhir gagal sebelum mereka memiliki kesempatan untuk sampai ke tangan konsumen. Jika Anda ingin merumuskan strategi penentuan posisi produk untuk produk atau layanan baru, ada tiga kesalahan umum dan kelalaian yang harus dihindari:

>> Kesalahan #1: Gagal Melakukan Riset Utama

Tanpa melakukan penelitian utama pada audiens target Anda, Anda tidak akan menemukan wawasan pelanggan yang berguna. Memahami motivasi, keinginan, dan kebutuhan pelanggan Anda sangat penting untuk pengembangan strategi pemosisian produk Anda, jadi bicaralah dengan sebanyak mungkin dari mereka.

Pelajari masalah pelanggan Anda dan jelajahi berbagai cara untuk membantu Anda menyelesaikannya. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk memahami masalah mereka, semakin baik.

>>Kesalahan #2: Peluncuran Produk Saat Pasar Belum Siap

Memperkenalkan produk atau layanan dengan posisi yang buruk secara prematur ke pasar, tentu saja, adalah kesalahan lain yang harus dihindari.

Ambil contoh, Apple Newton PDA , diperkenalkan ke pasar elektronik pada tahun 1993. Konsumen awal 1990-an belum terbiasa dengan ponsel, dan pager konsumen, atau “beeper”, adalah alat utama yang digunakan untuk jaringan seluler dan komunikasi. . Selain itu, PDA Newton sangat dikritik karena pengenalan tulisan tangannya yang buruk dan, yang dianggap banyak orang,harganya yang selangit.

>> Kesalahan #3: Mempercayai Usus Anda

Strategi pemosisian produk Anda bukanlah model pemasaran yang ingin Anda kembangkan berdasarkan “insting”. Riset utama adalah cara yang jauh lebih andal dan akurat untuk menentukan apakah strategi pemosisian produk Anda beresonansi langsung dengan audiens Anda.

Perhatikan bagaimana pelanggan Anda merespons saat Anda mempresentasikan strategi pemosisian produk Anda — jika mereka tampak bersemangat dan ingin mendengar lebih banyak, Anda berada di jalur yang benar. Jika tidak, maka “nyali” Anda mungkin salah, dan inilah saatnya untuk meninjau kembali asumsi Anda dan melakukan lebih banyak penelitian.

Menjalankan Strategi Positioning Produk Anda

Menjalankan strategi positioning produk Anda bukanlah pekerjaan satu orang. Ini membutuhkan keahlian dari manajemen produk dan tim pemasaran produk. Anda harus menyatukan pengetahuan Anda tentang bidang-bidang berikut:

Pahami siapa pelanggan Anda.

Positioning produk Anda harus secara ringkas menangkap siapa pelanggan Anda dan apa yang mereka butuhkan. Jelaskan atribut audiens target Anda, termasuk detail demografis, psikografis, perilaku, dan geografis. Anda juga ingin memberikan wawasan tentang masalah utama yang coba dipecahkan oleh pelanggan.

Analisis pasar.

Anda perlu mengetahui produk alternatif yang tersedia untuk pelanggan Anda sehingga Anda dapat menyoroti apa yang membedakan Anda. Teliti pesaing langsung dan tidak langsung Anda untuk mengetahui bagaimana mereka melayani kebutuhan pelanggan Anda. Ini akan membantu Anda membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing dan membantu pelanggan potensial Anda memahami mengapa produk Anda adalah solusi terbaik untuk kebutuhan mereka.

Menilai produk.

Terakhir, untuk menjalankan strategi pemosisian produk Anda, strategi tersebut harus dibangun di atas nilai unik yang diberikan oleh merek dan produk Anda. Melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) adalah cara yang berguna untuk menganalisis secara objektif apa yang dilakukan produk atau layanan Anda dengan baik dan di mana hal itu dapat dilakukan dengan lebih baik. Ini memastikan bahwa pesan pemasaran Anda selaras dengan pengalaman produk.

Kesimpulan

Di pasar yang sangat terkomoditas dan jenuh saat ini, penentuan posisi produk yang efektif sangat penting untuk menonjol.

Untuk mendapatkan pemosisian produk Anda dengan benar, wawancarai pelanggan Anda dan pelajari masalah mereka. Pertahankan strategi pemosisian produk Anda ke satu halaman, dan pastikan untuk membungkusnya di sekitar mengapa pelanggan membeli dan mengapa mereka harus membeli dari Anda.

alglo_wp_adm

Recent Posts

Klarifikasi Pencatutan Nama PT Aldrich Global Digital

Kami, PT Aldrich Global Digital , dengan ini mengeluarkan pernyataan klarifikasi terkait adanya pencatutan nama…

10 bulan ago

Jasa pembuatan website penyedia virtual office Cimanggis Depok Profesional

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pembuatan website penyedia virtual office Cimanggis Depok yang profesional dan…

1 tahun ago

Jasa pembuatan website perusahaan Event Organizer Mampang Prapatan Berpengalaman

Kami menyediakan jasa pembuatan website perusahaan Event Organizer di Mampang Prapatan bagi Anda yang tinggal…

1 tahun ago

Jasa pembuatan website perusahaan EO Jatimulya Profesional

Aldrich Global Digital menyediakan jasa pembuatan website perusahaan EO di Jatimulya bagi Anda yang tinggal…

1 tahun ago

Jasa pembuatan website Startup Bakti Jaya Profesional

Kami menawarkan jasa pembuatan website Startup di Bakti Jaya yang profesional dan berpengalaman. Hubungi kami…

1 tahun ago

Jasa pembuatan website rumah makan Kukusan Depok Berpengalaman dan Profesional

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pembuatan website rumah makan Kukusan Depok yang profesional dan berpengalaman,…

1 tahun ago