Jualan Di Instagram: Ini Dia Cara Jitunya (Bagian 1)

 In News & Articles

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram menjadi sebuah media sosial yang berkembang dengan sangat pesat. Media sosial favorit kaum milenial ini berkembang dari sekedar media untuk berbagi foto, menjadi sebuah media berita, trend, edukasi, dan bisnis tentunya. Menemukan akun yang jualan di Instagram sudah bukan hal yang aneh lagi.

Diluncurkannya Instagram Business yang diperuntukan untuk pelaku usaha, membuat media sosial ini juga semakin menarik untuk para pebisnis. Pengguna baru terus bertambah setiap hari. Sepertinya hanya tinggal menunggu waktu sebelum Instagram menjadi media sosial terbesar di dunia.

Mari kita bahas tentang bagaimana kita bisa sukses jualan di Instagram. Karena topik ini cukup menarik untuk dikupas tuntas, artikel ini akan dibagi menjadi 2 bagian agar tidak terlalu panjang.

Jualan di Instagram tidak sekedar sharing  foto yang mendisplay produk-produk kita. Berikut beberapa tips dari kami untuk menjadi penjual yang sukses di Instagram

1.Pahami Algoritma Instagram

Dalam ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau cara-cara yang harus dilakukan dengan tujuan menyelesaikan sebuah masalah pemrograman.

Simpelnya, algoritma instagram adalah urutan atau cara-cara yang dilakukan oleh Instagram untuk menampilkan gambar dan akun yang sesuai dengan ketertarikan kita. Misalnya anda adalah seorang penggila teknologi yang sering membuka akun-akun bertema teknologi di Instagram. Maka algoritma Instagram akan membaca ketertarikan anda terhadap teknologi dan secara otomatis akan menghadirkan konten-konten yang bertema teknologi. Hasilnya dapat dilihat pada tab explore dan suggestion akun Instagram anda, keduanya akan dipenuhi oleh akun-akun dan gambar-gambar dengan tema teknologi.

Namun, perlu diingat bahwa algoritma Instagram tidak hanya itu saja. Algoritma Instagram juga berpengaruh pada postingan anda. Misalnya anda memiliki akun Instagram Business yang menjual kaos untuk anak-anak. Algoritma Instagram tidak hanya mengenali anda dari isian profil anda. Algoritma Instagram akan memeriksa postingan, hashtag, dan engagement yang terjadi pada feed IG anda. Apabila semuanya sudah sesuai dengan bisnis yang anda geluti, maka IG akan memasukkan akun anda di explore dan memberikan suggestion ke pengguna lain untuk memfollow akun Instagram Business anda tersebut.

 

2. Pastikan Niche Market anda

Niche Market produk anda merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Karena akan menentukan juga siapa target pasar anda. Niche market dapat diartikan sebagai pasar yang fokus kepada produk atau layanan tertentu. Menemukan niche market anda dapat menyelamatkan perusahaan anda dari perang harga yang membuat margin keuntungan anda akan kecil sekali.  Jualan di Instagram atau dimanapun memiliki prinsip yang sama pada dasarnya.

         Tips menemukan Niche Market Untuk Jualan Di Instagram:

         1.Apa Fungsinya?

Tanyakan kepada diri anda sendiri, apakah fungsi dari produk anda, dan nilai tambah apakah               yang bisa anda berikan kepada calon pelanggan.

         2.Apa Bentuknya?

Bagaimana anda mendesign produk / jasa anda tersebut. Apakah ada sesuatu yang unik                 dibandingkan dengan produk / jasa kompetitor anda.

         3.Apa Efek Sosial Dari Produk / Jasa Anda?

Di era digital seperti sekarang sudah cukup banyak produk / jasa yang dapat memberikan social impact  yang luar biasa. Gojek, Tokopedia, dan Buka Lapak adalah perusahaan-perusahaan dengan produk / jasa yang memberikan social impact. Ada juga produk kosmetik Wangsa Jelita yang memberdayakan petani-petani. Hal-hal seperti ini dapat membuat calon pelanggan anda lebih yakin untuk membeli produk / jasa anda.

3.Membangun Engagement Dengan Followers

Engagement merupakan salah satu hal yang dapat menaikkan kemungkinan kita untuk sukses jualan di Instagram. Perlu diingat bahwa jalan pintas dengan membeli bot followers sangat tidak kami sarankan. Untuk membangun engagement yang baik dengan followers, anda dapat mencoba hal-hal seperti ini:

          1.Aktif

Aktiflah dalam berinteraksi dengan followers anda, bahkan yang sedang komplain dan marah-marah. Balaslah setiap komen yang masuk dengan bahasa yang baik dan manusiawi. Setiap followers anda adalah calon pelanggan dan pelanggan yang harus anda layani dengan baik. Buat jadwal untuk postingan anda, usahakan untuk selalu memposting konten menarik setiap hari.

         2.Bekerja Sama Dengan Influencer

Di era digital seperti sekarang, perkataan yang berasal dari brand atau korporat tidak akan langsung dianggap valid. Bekerjasama dengan influencer akan meningkatkan validitas dan kredibilitas produk / jasa anda. Brand awareness anda juga akan naik secara signifikan. Tetapi perlu diingat, anda juga harus memilih lnfluencer yang tepat agar tujuan anda dapat tercapai

         3.Buat Analisis Tentang Konten Yang Menarik Untuk Followers Anda

Lakukan riset kecil-kecilan dengan mengamati postingan-postingan yang sedang viral di feed atau timeline anda. Perhatikan postingan apa saja yang bermakna positif dan disukai oleh followers anda. Anda dapat mulai dengan membuka salah satu akun followers anda yang tidak dikunci. Temukan kesamaan,misalnya, akun Instagram lain yang diikuti, postingan apa saja yang disukai dan relevansinya dengan produk / jasa anda. Lakukan itu ke beberapa akun, kemudian buatlah analisis sederhana dan terjemahkan kedalam bentuk konten yang menarik

         4.Optimalkan Instagram Story

Fitur terbaru dari Instagram ini sedang sangat populer digunakan saat ini. Bahkan ada pengguna yang hanya aktif di IG story, dan jarang posting di feed . Kelebihan IG Story dengan feed Instagram reguler adalah kemudahan bagi setiap pengguna untuk mengaksesnya. Semua Story dari akun yang kita ikuti dapat diakses dengan mudah di bagian atas feed Instagram kita. Pengguna hanya tinggal mengklik, dan semua story dari setiap akun yang mereka ikuti akan diputar secara otomatis.

Selain kemudahan akses, IG Story juga banyak memiliki fitur-fitur interaktif seperti pollingask me question, stiker, lokasi, suara, dan video singkat. Anda dapat menggunakan fitur polling untuk mencari tahu keinginan followers anda terkait dengan produk / jasa anda, atau konten yang ingin mereka dapatkan dari anda. Namun, perlu diingat untuk tidak membuat IG Story terlalu banyak dalam 1 hari. Saran kami 3-5 story perhari.

4.Adakan Kuis / Giveaway

Siapa yang tidak suka barang gratis? Rasanya tidak ada di dunia ini yang menolak barang gratis. Apalagi barang gratis tersebut merupakan barang / jasa yang mereka butuhkan. Manfaatkan momen-momen khusus seperti Hari Kemerdekaan Indonesia, Idul Fitri, dan Ramadhan untuk mengadakan giveaway. Anda dapat membuat tantangan membuat video terkait produk / jasa anda, atau sekedar mengajukan pertanyaan mudah kepada followers anda. Giveaway dapat lebih mendekatkan produk / jasa anda kepada pelanggan dan calon pelanggan anda. Anda juga dapat memanfaatkan momen giveaway untuk mendorong calon pelanggan untuk mencoba produk / jasa anda.

5.Repost Konten Yang Sedang Viral (Ramai)

Perlu diingat, maksud kami bukanlah menyarankan anda merepost video klarifikasi perceraian artis dari Lambe Turah. Yang kami maksud dengan viral disini adalah konten viral yang masih ada hubungannya dengan produk / jasa anda. Misalnya anda menjual handphone di Instagram. Anda dapat me-repost berita tentang bocoran handphone terbaru yang sudah ditunggu-tunggu oleh calon pelanggan anda.  Sertakan komentar anda agar tercipta interaksi antara anda dan followers

6.Jangan Lupakan Call To Action

Anda sudah membuat konten yang menarik, engagement juga sudah  terjadi dengan sangat baik. Namun perlu diingat, anda punya produk / jasa yang harus anda jual. Call to action dapat berbentuk pendaftaran email, registrasi grup WhatsApp atau Telegram, permintaan untuk subscribe atau diskon khusus untuk yang sudah berkomentar pada postingan anda

 

7.Pahami Anatomi Posting Instagram

 

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, artikel ini akan dibagi menjadi 2 bagian agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Anda boleh menshare artikel ini dan apabila ada yang ingin ditanyakan seputar Jualan di Instagram dapat meninggalkan komen dibawah atau dapat langsung klik disini

Sampai jumpa dibagian kedua

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.