Mengapa Menggunakan WordPress Untuk CMS Website?

 In News & Articles

“Mengapa menggunakan WordPress?, template semuanya dong”

Ketika mulai membangun dan menawarkan produk website kami ke perusahaan-perusahaan, ada beberapa pelanggan kami yang menanyakan hal tersebut ketika kami mengajukan penawaran untuk pembuatan website. WordPress memang dulu populer sebagai platform blog yang menjadi pesaing ketat Blogspot (sekarang Blogger), platform blog milik Google. Mungkin karena hal ini yang menyebabkan WordPress identik dengan template bawaan yang terlihat tidak eksklusif, apalagi bila berhubungan dengan perusahaan besar yang tentunya ingin terlihat eksklusif dan tidak sama dengan perusahaan lain.Kebanyakan perusahaan pada saat itu menginginkan website yang bukan template dengan kata lain custom CMS. Untungnya,seiring dengan berjalannya waktu, WordPress dapat menghilangkan image template” nya sehingga tidak diperlukan lagi edukasi untuk meyakinkan klien bahwa CMS ini sangat powerful dan bukan sekedar “template” . Hingga artikel ini dibuat, kami sudah banyak bertemu dengan pelanggan-pelanggan yang sudah mengetahui dengan baik tentang nilai tambah dari Website WordPress sehingga tugas kami menjadi jauh lebih ringan dalam meyakinkan pelanggan kami agar tetap bekerja bersama WordPress CMS.

Berikut beberapa alasan mengapa kami dan banyak perusahaan saat ini menggunakan WordPress:

1.Waktu Pengerjaan Yang Lebih Singkat

WordPress menggunakan plugin dan themes yang dapat dibeli atau dibuat secara custom, dalam artian anda juga dapat membuatnya dari nol, apabila ingin plugin dan themes yang benar-benar baru. Namun tidak ada salahnya untuk mengkustom plugin dan themes yang sudah ada. Hal ini akan jauh lebih cepat dibandingkan harus membuat  themes dan plugin atau CMS sendiri dari nol. Sebagai contoh, untuk sekedar membuat slide banner kita dapat membeli atau menggunakan plugin yang sudah tersedia secara gratis. Sebagai gambaran,kami pernah menyelesaikan sebuah website dengan custom themes hanya dalam waktu kurang dari 1 minggu.

Tips: Kami tidak menyarankan anda untuk membeli plugin dan themes  bajakan, karena selain tidak aman, plugin dan themes  anda hanya akan menyusahkan anda di kemudian hari. Mulai masalah seperti pelanggaran hak cipta, ketiadaan support, dan yang paling meresahkan: pencurian data pribadi

   +WordPress Plugin

       Suatu script yang dirancang untuk memenuhi suatu fungsi dalam Website WordPress

   +WordPress Themes

      WordPress Themes berfungsi mengatur layout dan tampilan dari website kita.Anda dapat membelinya,atau membuatnya sendiri. Themes merupakan fungsi WordPress yang dapat mempersingkat waktu kita untuk membuat design dari nol. Sehingga durasi pembuatan website akan jauh lebih singkat

2. User Friendly

Anda bingung dengan admin page di WordPress? Mungkin sebagian besar yang belum pernah menggunakan admin page WordPress akan sedikit kebingungan pada awalnya. Namun anda tidak perlu khawatir kebingungan terus menerus, ada banyak tutorial tersedia di YouTube untuk admin page standar milik WordPress. Karena WordPress awalnya adalah basis untuk blog maka tidak akan sulit untuk menguasai admi page standar milik WordPress, anda hanya perlu sedikit meluangkan waktu untuk terbiasa. Bagian terbaiknya adalah kami bahkan dapat mengkustomisasi admin page website anda semudah mungkin agar siapapun dapat menjadi admin tanpa harus paham pemrograman website dan bahkan dari orang yang gaptek sekalipun. Jadi tidak usah khawatir admin website anda resign setelah 2 hari bekerja

3.Built In Analytic

Membangun website tentunya kita mengharapkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Namun bagaimana kita menganalisis setiap pengunjung yang datang apabila tidak ada tools untuk menghitung dan menganalisisnya? WordPress sudah menyediakan analitik website yang terintegrasi dengan halaman admin dengan data-data yang lengkap seperti jumlah pengunjung,browser yang digunakan, mesin pencari yang mereka gunakan dan berbagai data-data lainnya. Dengan data-data ini, anda dapat membangun konten yang dapat menarik pengunjung untuk mendatangi website anda. Anda juga dapat mengintegrasikan Google Analytic dengan sangat mudah. Akan sangat rugi apabila anda tidak memaksimalkan website yang anda punya. Memang betul media sosial sedang tinggi-tingginya, namun pada akhirnya website menjadi salah satu indikator profesionalitas kita.

4.Built In SEO Tools

SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik untuk menempatkan website kita di peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google,Yahoo,dan Bing. Teknik ini terdiri dari SEO Organik yang memanfaatkan algoritma dari mesin pencari itu sendiri. Contoh implementasi teknik ini adalah artikel di website menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan usaha anda. Menggunakan CMS yang sudah familiar seperti WordPress juga dapat menaikkan peringkat website anda di Google.

SEO berbayar (Paid SEO)  mengharuskan kita untuk memasang iklan berbayar dengan basis lelang kata kunci pada mesin pencari tersebut dalam hal ini Google Ads menjadi media iklan yang paling banyak digunakan. Misalnya anda ingin memasang kata kunci “jasa pembuatan website”  maka Google akan menganalisis kata kunci tersebut untuk anda dan memberikan penawaran untuk harga yang harus anda bayar untuk kata kunci tersebut. Harga tersebut didapat dari jumlah pencarian yang menggunakan kata kunci tersebut, dan pemasang iklan lain yang menawar kata kunci tersebut.

WordPress menyediakan plugin untuk menunjang teknik SEO. Yoast SEO merupakan plugin yang mampu menganalisis konten website kita dan mencocokannya dengan kata kunci (keyword) yang kita targetkan.Yoast akan memberikan penilaian kelayakan konten kita sebelum dipost agar dapat terbaca sebaik mungkin oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Sebagai informasi, Yoast SEO juga menyediakan plugin berbayar dengan fitur-fitur yang sangat lengkap.

Ada juga plugin yang dapat mentrack pemasangan Google Ads kita agar kita dapat mengetahui lebih lanjut tentang efektivitas iklan yang kita pasang di Google.

Secara peringkat pun Website WordPress memiliki peringkat yang lebih tinggi di Google.

5.Value For Money

Tidak ada produk di dunia ini yang mahal. Yang ada hanya produk dengan harga tidak sesuai dengan value nya. Sebagai penjual, kami juga mengingatkan kepada anda yang juga penjual agar selalu memperhatikan value dari produk / jasa anda. Dengan WordPress anda mendapatkan waktu pengerjaan yang lebih cepat, kemudahan dalam optimasi mesin pencari, design tampilan yang menarik dan profesional, admin page yang user friendly, dan berbagai keunggulan-keunggulan lainnya untuk mempermudah pekerjaan anda.

Klik Disini Untuk Membangun Sebuah Website Profesional Bersama Kami

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.