Kesalahan-kesalahan Pebisnis Pemula

 In News & Articles

Membangun bisnis bukanlah pekerjaan sehari semalam. Membangun bisnis membutuhkan ketekunan,tekad,dan tentunya kecerdasan dalam menentukan strategi dan arah perusahaan.

Ketika mulai membangun bisnis,seperti halnya sesuatu yang baru dimulai,kesalahan-kesalahan mendasar menjadi sesuatu yang sulit dihindari.Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi pada pebisnis pemula:

1.Terlalu Cepat Menyerah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membangun bisnis bukanlah pekerjaan sehari semalam.Bisnis butuh di’asuh’ dan perhatian yang menyeluruh.Seringkali pebisnis pemula merasa sudah gagal menjalani bisnisnya hanya dikarenakan sebulan tidak kunjung mendapatkan pembeli.Padahal mungkin ada hal-hal tertentu yang menyebabkan si pebisnis tersebut tidak mendapatkan pembeli. Mungkin promosi yang kurang kuat, networking belum terbentuk ,sampai produk yang kurang menjual.Pelajari dengan seksama bisnis yang sedang dijalani, jangan terlalu cepat berganti haluan dalam waktu singkat

2.Tidak Paham Bisnisnya Sendiri

Seringkali pebisnis pemula memulai bisnisnya dikarenakan ikut-ikutan trend atau melihat orang lain sukses sehingga membuka bisnis yang sama persis dengan harapan dapat menghasilkan sama banyaknya dengan orang lain tanpa memahami dengan baik bisnis yang sedang dijalaninya.Ketika Es Kepal Milo jadi tren, banyak kios-kios baru dibuka.Banyak orang mencoba membuka bisnis ini. Padahal tidak semua orang paham bisnis kuliner. Es Kepal Milo mungkin terlihat mudah untuk membuatnya namun banyak hal yang harus diperhatikan dan dipahami. Mulai dari resep, cara penyimpanan, dan promosi untuk mendapatkan pembeli,dan lebih penting lagi pelanggan tetap.

Jangan berbisnis karena ikut-ikutan tren. Dapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang bisnis yang akan kita bangun. Lebih bagus lagi apabila bisnis tersebut memang merupakan passion kita sejak awal,jadi proses belajar kita juga tidak akan memakan waktu yang lama.

3.Tidak Bisa (Malu) Jualan

Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak bisa menjual. Yang ada hanya manusia yang malu untuk berjualan dan menjajakan produk/jasanya. Ketika sudah terjun sebagai pebisnis, jangan pernah malu untuk menjajakan produk/jasa kita. Bagaimana calon pelanggan bisa tahu tentang produk / jasa kita apabila kita sebagai pemilik juga malu untuk berjualan.Pelajarilah teknik-teknik menjual,jangan segan untuk membaca buku-buku tentang teknik berjualan.Praktekkan tips dan trik dari para salesman  yang sudah berhasil berjualan

4.Terlalu Banyak Riset Dan Meminta Saran

Belajar dan meriset apa yang harus kita lakukan itu baik.Namun terlalu banyak riset juga akan membingungkan kita.Pada dasarnya setiap orang memiliki saran yang berbeda-beda,demikian juga dengan hasil riset.Yang terbaik adalah mencari mentor yang tepat dan sesuai dengan bisnis anda.Pun dengan hasil riset, carilah yang sesuai dengan variabel bisnis anda.

5.Boros

Bisnis adalah sesuatu yang berkelanjutan dan bertumbuh. Ketika anda berhasil meraih penjualan yang besar, bukan berarti anda dapat menghabiskannya di barang-barang yang kurang berguna untuk pengembangan bisnis anda.Investasikan sebagian hasil keuntungan anda untuk mengembangkan bisnis anda lebih lanjut dan Sabar. Pahami dengan baik kekuatan keuangan perusahaan anda dan anda sendiri agar tidak terjebak nafsu sesaat

6.Tidak Punya Perencanaan Bisnis

Bisnis hanya sekadar melewati hari demi hari tanpa ada perencanaan dan pengembangan yang jelas. Buat dan rancang perencanaan bisnis anda. Bagaiman anda mendapatkan proyek, menjual produk, menghubungi klien. Siapa-siapa saja calon klien potensial anda, dan apa target anda setiap minggu,bulan dan setiap tahun.

 

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.