Jualan Di Instagram: Ini Dia Cara Jitunya (Bagian 2)

 In News & Articles, Uncategorized

Jualan di Instagram itu sangat mudah sekali, anda hanya perlu foto, video, dan caption yang menarik. Apabila anda sudah memiliki itu semua, maka pelanggan berbondong-bondong memenuhi tab chat WhatsApp, Line, dan Telegram anda. Namun kenyataannya banyak ditemui lapak-lapak Instagram yang ternyata kurang laku, bahkan ada yang sudah berbulan-bulan belum berhasil menjual satu barangpun dari akun Instagramnya. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hal seperti ini terjadi, salah satunya adalah kekurangan pengetahuan tentang cara-cara berjualan di Instagram. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya dengan judul yang sama, silahkan klik disini untuk membaca artikel sebelumnya. Berikut kelanjutannya

 

7.Pahami Anatomi Posting Instagram

Ada beberapa elemen yang menjadi bagian dari dari anatomi sebuah posting Instagram. Mari kita bahas satu persatu

       1.Foto / Video

Ketika berjualan online, calon pelanggan anda tidak dapat menyentuh, mencium aroma, dan mencicipi produk anda. Foto dan video merupakan satu-satunya cara untuk menjajakan produk / jasa anda,demikian selalu kami sampaikan dalam setiap pelatihan media sosial yang kami adakan. Sebuah survei menyebutkan bahwa audiens hanya butuh 50 milidetik untuk memutuskan sebuah foto menarik atau tidak. 93% konsumen juga memutuskan membeli setelah melihat foto / gambar sebuah produk / jasa. Oleh karena itu pastikan bahwa foto / video yang anda post benar-benar menarik bagi calon pelanggan.

       2.Filter

Filter kita gunakan untuk memperindah dan menyempurnakan setiap postingan anda. Instagram menyediakan berbagai macam filter untuk membuat postingan anda semakin menarik. Anda juga dapat membuat filter sendiri dengan mengeditnya menggunakan aplikasi terpisah seperti Adobe Premier, VCSO, dan sejenisnya.

       3.Caption

Caption berfungsi untuk memberikan penjelasan pada konten yang anda publikasikan. Karena berbentuk teks, seringkali caption terbaca terlebih dahulu dibandingkan foto / video yang anda post. Caption juga dapat berfungsi sebagai artikel mini. Anda dapat membuat konten berupa judul artikel pada foto yang anda post dan menulis artikelnya pada caption. Namun perlu diingat, bahwa Instagram memiliki keterbatasan karakter dalam membuat caption yaitu maksimum 2000 karakter.

       4.Lokasi

Dengan mencantumkan lokasi, audiens anda kan mengetahui keberadaan anda, apa yang sedang anda kerjakan, dan alasan anda untuk melakukannya. Sebagai contoh, anda menjual produk laptop, dan anda sedang berada di acara peluncuran laptop terbaru. Buatlah konten yang relevan dengan keberadaan anda disana, misalnya vlog tentang acara tersebut & profil produk yang diluncurkan. Tentunya penempatan tag lokasi akan memperkuat relevansi konten anda tersebut.

       5.Hashtag

Hashtag merupakan salah satu cara untuk mendapatkan engagement secara organik. Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk mengikuti hashtag. Perlu diingat untuk tidak terlalu banyak menggunakan hashtag dalam postingan anda.

       6.Mention & Tag

Selain hashtag, anda dapat memention dan mentag akun Instagram lain yang relevan dengan post anda. Misalnya, anda mempost konten yang berisi kutipan langsung dari pakar digital marketing. Anda dapat memention sang pakar pada caption Instagram anda. Anda juga dapat mentag mereka.

       7.Waktu Memposting

Hal ini sebenarnya sudah tidak terlalu berpengaruh saat ini, karena Instagram sudah menghilangkan fitur kronologisnya. Konten anda dapat disajikan kapan saja oleh Instagram berdasarkan algoritma terbarunya. Saran dari kami adalah satu-dua posting per hari. Jangan sampai konten anda membuat audiens merasa terganggu.

 

8.Kurasi VS Pembuatan Konten

Yang dimaksud dengan kurasi konten adalah dimana anda mencari konten-konten dari brand / akun sejenis atau kompetitor anda, dan memposting ulang konten tersebut. Anda dapat membuatnya dengan gaya bahasa anda sendiri, atau langsung me-repost , jangan lupa untuk menyertakan credit untuk pembuat konten yang asli. Kurasi konten sangat disarankan apabila anda tidak memiliki waktu dan budget untuk membuat konten dari nol.

Beberapa ide untuk membuat konten:

       1.Promosi Produk

Ketika memposting konten tentang produk / jasa anda, pastikan anda membuatnya dengan menarik dan informatif. Sertakan informasi produk / jasa anda secara lengkap dan jelas mulai dari spesifikasi, fitur-fitur, dan bagaimana cara calon pelanggan untuk mendapatkan produk / jasa anda. Sertakan pula nomor telepon yang dapat dihubungi. Anda tidak perlu menampilkan harga barang / jasa anda.

       2.Informasi dan Tips

Buatlah infografis yang dengan tema menarik, namun masih berkaitan dengan produk anda. Misalnya anda menjual gadget. Anda dapat mencari statistik mengenai pemakaian gadget dikalangan milenial, lalu menampilkannya dalam bentuk infografis.

Tips dan trik juga dapat menjadi variasi konten yang menarik untuk disajikan kepada calon pelanggan anda. Misalnya setelah anda mempost infografis mengenai pemakaian gadget dikalangan milenial, anda dapat membuat konten tentang “Tips Agar Tidak Kecanduan Gadget”

      3.Testimoni Pelanggan

Mintalah testimoni kepada setiap pelanggan anda. Anda dapat meminta tolong mereka untuk berkomentar di akun Instagram anda tentang kepuasan dan pengalaman mereka dalam menggunakan produk / jasa anda. Testimoni merupakan sebuah bukti dari kualitas produk / jasa anda

       4.Kurasi Konten Pelanggan

Masih berhubungan dengan kurasi konten, namun disini anda memberikan dorongan untuk pelanggan memposting konten yang berhubungan dengan produk / jasa anda. Kemudian re-post konten-konten ini secara berkala. Misalnya anda menjual produk kaos band, anda dapat menuliskan di bio anda, bahwa anda akan me-repost foto pelanggan yang sedang bergaya memakai produk anda. Anda dapat menggabungkan konten ini dengan kuis

       5.Quotes

           Quote atau kutipan dari public figure merupakan salah satu ide konten yang menarik. Konten seperti ini dapat memberikan nilai tambah kepada pelanggan anda. Carilah public figure yang sesuai dengan produk / jasa anda. Berikan gambar yang menarik untuk mendukung konten tersebut. Anda juga dapat menyertakan gambar sang public figure.

 

9.Pahami Bagaimana Cara Membuat Konten Video di Instagram

Video telah menjadi salah satu kekuatan konten Instagram. Berikut langkah-langkah pembuatannya

       1.Rencanakan konten yang akan dibuat

Ada banyak variasi konten yang dapat diposting di video seperti vlog, slide show, atau repost dari akun lain. Oleh karena itu diperlukan perencanaan yang baik agar konten dapat memberikan nilai tambah bagi kita dan calon pelanggan

       2.Pesan Apa Yang Ingin Disampaikan

Masih terkait dengan perencanaan konten, dalam membuat video anda harus memastikan pesan yang ingin anda sampaikan. Misalnya anda ingin menyampaikan tentang ketahanan banting dari produk gadget anda. Anda dapat membuat format vlog dimana anda / host hadir untuk mendemonstrasikan ketahanan banting produk anda

       3.Buat Draft Sebaik-baiknya

Sebelum membuat video sebaiknya anda juga membuat draft tentang apa yang anda ingin sampaikan nanti. Mulai dari monolog / dialog yang anda katakan dan skenario video tersebut. Pastikan tidak ada hal-hal yang dapat merugikan anda pada video tersebut seperti isu SARA, pornografi, kekerasan, dan sejenisnya.

       4.Pahami Konten Video Anda

Jangan mempost sesuatu yang tidak anda mengerti.Tujuan anda membuat video adalah untuk memberikan nilai tambah pada konten anda, bukan malah membuat anda kehilangan kredibilitas karena mempost hal yang tidak anda mengerti

 

       5.Lakukan riset dan cari referensi

Selalu lakukan riset terlebih dahulu untuk konten video anda. Pastikan data-data yang anda tampilkan memang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu akan lebih baik pula apabila anda mencari referensi lain terkait dengan konten anda.

 

 

 

 

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.