Hal-Hal Yang Harus Tersedia Ketika Membuat Website

 In News & Articles

Membangun website merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis anda,terutama di era digital seperti sekarang.

Website membuat perusahaan anda terlihat lebih profesional dan memudahkan calon pelanggan anda mencari tahu lebih detail tentang anda.

Sebelum anda mulai merencanakan membangun sebuah website, ada baiknya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus disediakan ketika ingin membangun sebuah website

1.Domain

Domain merupakan nama yang diberikan kepada website untuk mengidentifikasi jaringan tanpa harus mengetikkan angka-angka IP (Internet Protocol) yang sulit dihapal.Domain diperbarui setiap tahun oleh pemilik web apabila memang ingin terus menggunakannya.

Domain terdiri dari 2 jenis berdasarkan tingkatannya: Top Level Domain dan Second Level Domain. Contoh top level domain antara lain .com , .net , .org dan masih banyak lagi. Domain .xyz , .abc , dan sejenisnya merupakan contoh dari second level domain.

Pilihlah nama domain yang dapat mewakili bisnis anda.Pastikan domain tersebut juga mudah diingat oleh customer anda dan SEO Friendly contoh nama domain seperti bukalapak.com atau tokopedia.com. Membaca nama domain tersebut kita sudah bisa memprediksi bahwa domain tersebut merupakan toko online .

 

2.Hosting

Hosting merupakan tempat menyimpan data untuk website anda. Bentuk fisiknya adalah server yang ditempatkan di Hosting Provider. Biasanya ketika baru mulai membuat website , anda kemungkinan besar akan menyewa shared hosting secara periodikal. Secara umum, hosting juga tidak hanya dapat menyimpan website anda,tetapi juga dapat digunakan sebagai penyimpan data.Namun hal itu bergantung kepada penyedia hosting anda. Tanyakan dengan seksama fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh penyedia hosting, selain kapasitas tentunya.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh penyedia hosting:

Kapasitas

Kapasitas hosting sangat bervariasi, ada yang menawarkan dari 100MB,1GB,sampai 64GB.Kapasitas ini mencakup konten website dan email.

Email

Tanyakan berapa jumlah email yang diberikan oleh penyedia hosting.Dan berapa kapasitas inboxnya.Ada beberapa penyedia hosting yang membatasi jumlah email,ada juga yang tidak membatasi jumlah email,tetapi membatasi kapasitas inbox,dan ada juga yang membebaskan sepenuhnya.

Panel

Pertanyaan yang pertama mungkin adalah apakah anda diberi akses untuk CPanel/panel lain yang digunakan oleh penyedia hosting anda. Ada penyedia tertentu yang tidak memberikan akses namun ada juga yang tidak keberatan membuatkan anda akses.Beberapa hal yang dapat dilakukan di CPanel adalah membuat email baru, menginstall website baru,menginstall sub domain,dan fungsi-fungsi lainya

 

3.Konten Website

Yang dimaksud disini adalah konten-konten pendukung website, seperti profil anda / perusahaan anda,produk/jasa,portfolio,klien-klien, dan kegiatan-kegiatan lain yang sudah pernah anda lakukan yang dapat menambah value anda kepada calon pelanggan yang membuka website anda.Salah satu permasalahan dalam membangun sebuah website adalah konten-konten pendukung tersebut. Seringkali web developer kerepotan karena klien ternyata belum siap dengan konten website dan akhirnya malah memperlama durasi proyek.

Persiapkan konten-konten pendukung tersebut sejak awal. Susunlah kata-kata yang baik dan mudah dimengerti.Pastikan konten-konten anda memilii kata-kata kunci (keyword) yang sesuai dengan bisnis yang anda jalani. Konten yang baik akan dapat membantu anda menaikkan peringkat ada di hasil pencarian Google,dan tentunya juga dapat membantu anda menyampaikan ‘cerita’ anda kepada calon pelanggan

4.Design

Persiapkan design yang anda inginkan,mungkin anda bisa riset terlebih dahulu dengan melihat-lihat website dari kompetitor anda.Atau melihat website-website perusahaan dari negara lain. Memang anda dapat menyerahkan pekerjaan design kepada web developer, namun belum tentu design mereka akan cocok dengan anda. Minimal anda sudah punya tolak ukur visualisasi website anda nantinya.

Tips Design Web:

Ringan

Pastikan design tersebut ringan agar tidak memakan waktu lama saat membukanya.Ingat,tidak semua klien anda memiliki internet dengan kecepatan 100Mbps.Design ringan yang dimaksud disini adalah mengurangi konten-konten yang memakan waktu untuk dibuka, seperti konten flash,slide show gambar yang berlebihan,atau efek-efek animasi.

 

 

 

 

 

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.