Cara Mudah Merespon Pelanggan Dengan Cepat Ketika Jualan Online

 In News & Articles

Berjualan / berbisnis secara online tidak memungkinkan kita untuk bertatap muka secara langsung dengan calon pelanggan. Calon pelanggan juga tidak dapat menyentuh barang yang kita jual. Modal terbesar kita untuk berjualan adalah foto-foto produk / portfolio jasa ,nomor telepon ,dan tentunya aset digital seperti website dan media sosial.

Saat ini bertransaksi online sudah jauh lebih mudah dan aman dibandingkan saat awal pertumbuhannya. Pelanggan dapat dengan mudah memilih, mengklik, dan membayar dengan cepat. Oleh karena itu kecepatan respon kita sebagai penjual merupakan hal yang penting. Karena dengan segala kemudahan yang ada, pelanggan akan dengan cepat berpindah ke toko online lain untuk bertransaksi. Berikut beberapa cara agar kita dapat merespon secepat dan setepat mungkin:

1.Gunakan Akun Bisnis

Seperti halnya nomor telepon khusus bisnis, aset digital kita pun sebaiknya dibuat terpisah dengan aset digital pribadi. Dengan akun bisnis,maka kita akan lebih mudah mensortir pesan-pesan yang masuk dibandingkan harus berkutat dengan pesan-pesan atau notifikasi yang bersifat pribadi.

2.Jawab Sesegera Mungkin Ketika Pesan Masuk

Biasanya ketika order sudah mulai banyak,ada kecenderungan untuk menunggu banyak pesan masuk untuk kemudian merespon semuanya sekaligus. Ingat, kemungkinan besar,calon pelanggan anda tidak hanya menghubungi anda saat itu.Pastikan ketika pesan masuk dijawab sesegera mungkin. Respon simpel seperti: “Terimakasih sudah menghubungi,ada yang bisa dibantu?” atau hanya “Halo Pak/Bu” akan dapat meningkatkan kemungkinan produk / jasa anda terjual

3.Gunakan Kata-kata Yang Baik

Terkadang calon pelanggan yang tidak sabaran seringkali menawar, bertanya ,atau malah cenderung tidak sopan. Kendalikan diri anda dan selalu gunakan kata-kata yang baik. Apabila situasi tidak memungkinkan,segera akhiri percakapan secara baik-baik. Jangan terpancing untuk marah atau malah sampai memaki-maki.

4.Cek secara berkala Akun Bisnis Yang Kita Miliki

Jualan online tapi jarang lihat handphone? Malas buka medsos? Mungkin kita kurang cocok untuk jualan online. Selalu cek secara berkala semua akun bisnis yang kita miliki terutama pada saat jam kerja/ jam kita membuka toko online  kita. Dan tentunya selalu pastikan koneksi internet kita tersambung dengan baik.

5.Sediakan Admin Khusus

Order semakin banyak dan menyebabkan kita kewalahan? Mungkin sudah saatnya kita mempekerjakan admin untuk merespon order-order yang masuk.

 

 

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.