microsite-untuk-promosi-merk

Microsite Untuk Menunjang Promosi Merek

Sejak beberapa waktu belakangan, microsite atau mini website menjadi salah satu alat promosi yang digunakan oleh pemasar untuk berbagai macam tujuan.Mulai dari promosi event/acara perusahaan,promosi merek/lini bisnis baru, hingga sekedar menaikkan interaksi dengan pelanggan.

Biasanya, microsite tidak memiliki halaman sebanyak halaman website dan hanya membahas satu entitas/merek tertentu. Dan memiliki batasan waktu online

Beberapa merek seperti Bakmi Naga Resto, Interflour Indonesia (Tepung Kompas) , dan Bakmi Mewah adalah merek-merek yang pernah (atau sedang) melakukan promosi dengan menggunakan microsite sebagai salah satu alat penunjang.

Microsite dapat dibagi menjadi 2 kategori:

  1. Situs yang mensupport kampanye merek

Biasanya situs ini memiliki domain sendiri yang terpisah dari domain merek induknya.Situs seperti ini juga umumnya akan offline bersamaan dengan berakhirnya sebuah periode kampanye merek.

Beberapa contoh penggunaan situs jenis ini antara lain:

 

Interflour menggunakan situs ini sebagai pendukung kampanye media sosial untuk menyambut event Interfood 2016.Konten microsite ini terdiri dari resep-resep pilihan, galeri event yang sedang berlangsung serta tips & trik seputar dunia kuliner.Pasca event, microsite ini juga mengupdate seputar dokumentasi event Interfood 2016

 

Bakmi Naga Resto meluncurkan microsite untuk lomba foto dan video yang diadakan di media sosial.Selain konten mengenai peraturan lomba,terdapat juga konten para calon pemenang serta fitur vote untuk foto / video peserta sebagai salah satu persyaratan pemenangan lomba

  1. Microsite dengan fungsi buletin

Microsite ini dibuat tidak hanya untuk mendukung kampanye satu-dua merek saja. Konten microsite jenis ini diupdate secara berkala dan tidak memiliki batasan waktu tayang.

Membangun microsite jenis ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan dengan microsite biasa.Dibutuhkan penulis artikel,pembuat konten,dan konsep yang sangat kuat untuk mengundang target pasar dari merek untuk berkunjung, melihat-lihat konten yang ditawarkan,sampai akhirnya berlangganan konten (subscribe).Meskipun memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi,namun apabila diolah dengan baik,maka microsite jenis ini akan memiliki impact yang sangat baik untuk meningkatkan awareness  merek.

Beberapa contoh penggunaan microsite jenis ini antara lain:

Website merek salah satu rokok terkenal di Indonesia ini memiliki berbagai macam konten yang berkaitan dengan berita, hobi dan gaya hidup.Dengan estimasi traffic bulan lalu mencapai lebih dari 500 ribu pengunjung

 

Kesimpulan

Penggunaan microsite dapat menjadi nilai tambah untuk kampanye merek kita,baik online maupun offline .Tentunya kita harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan konten yang shareable untuk microsite kita dan jangan lupakan penggunaan kata kunci yang tepat.

Contact us to help you with your digital marketing and IT needs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *