Belajar Online Lewat Aplikasi

Sekitar 1 minggu yang lalu, salah satu rekan kami yang kebetulan juga merupakan penanggung jawab produk pendidikan musik kami berkunjung ke sekolah musiknya saat masih di bangku kuliah dulu.

Hasil kunjungan tersebut menghasilkan sebuah cerita yang (agak) mengejutkan . Ternyata sekolah tersebut tidak seramai dulu. Keadaan sangat jauh berbeda beberapa tahun yang lalu,ketika untuk mendapatkan jadwal yang sesuai keinginan pun sangat sulit. Jauh berbeda dengan keadaan saat ini dimana jadwal tidak sepadat dulu dan sepertinya relatif jauh lebih mudah untuk mendapatkan jadwal yang sesuai keinginan.Sebagai gambaran, sekolah ini merupakan salah satu sekolah musik terkemuka dan sangat ramai sejak mulai didirikan.

Sekolah Musik tersebut tidak sendirian, saat ini cukup banyak perusahaan-perusahaan besar yang goyah akibat diterpa digitalisasi dari berbagai bidang.Kita melihat perusahaan-perusahaan taksi mengurangi jumlah armadanya. Kemudian kita melihat restoran-restoran kosong tanpa ada pengunjung yang bersantap,namun kasirnya penuh dengan driver Ojek Online  yang membelikan pesanan pelanggannya. Lalu ada pula orang-orang membayar hanya menggunakan nomer ponsel.

Sebuah perubahan yang luar biasa dan mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar tidak tertinggal?

 

Inovasi

Inovasi merupakan syarat utama untuk menghindari ketertinggalan saat ini. Sudah banyak terbukti ketika perusahaan-perusahaan raksasa malah terseok-seok dan dikalahkan perusahaan baru yang jauh lebih kecil hanya karena kurang berinovasi

Berikut beberapa inovasi yang dapat dijadikan contoh:

YouTube

Mari kita coba dengan mengetikkan kata belajar musik di kolom search YouTube.Disini berbagai macam tutorial,pengajaran, dan konsultasi  dapat diperoleh hanya dengan menonton 1-2 iklan berdurasi 30 detik (atau diskip selagi bisa).Kita langsung dapat belajar musik kapanpun dan dimanapun selama tersedia koneksi internet.Meskipun terkadang kita masih dibingungkan dengan susunan kurikulumnya

 

Google Play

Belajar lewat aplikasi mulai menjadi tren saat ini.Terutama di wilayah perkotaan dimana waktu sudah sangat sempit dikarenakan padatnya kegiatan dan kemacetan lalu lintas.Dengan belajar melalui aplikasi, kita dapat mengatur waktu untuk belajar kapanpun dan dimanapun selama tersedia koneksi internet.Belajar melalui aplikasi juga dapat lebih mudah diserap dikarenakan materi yang bisa diulang berkali-kali sehingga tidak ada instruksi yang kita lewatkan.

 

Beberapa aplikasi seperti ini antara lain Ruang Guru yang mengkhususkan diri kepada mata pelajaran formal seperti Matematika & Fisika, Duolingo yang berfokus mengajarkan Bahasa, dan Tekdung Drum yang menspesialisasikan diri pada Pembelajaran alat musik Drum

Contact us to help you with your digital marketing and IT needs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *