5 Teknik Promosi Ampuh Untuk Milenial

 In News & Articles

Promosi Ampuh Untuk Kaum Milenial

Milenial disana, milenial disini. Hampir seluruh brand dan perusahaan mentargetkan milenial sebagai salah satu konsumen mereka.

Kaum milenial menjadi sebuah kelompok yang dominan di era digital. Mereka berani mengambil resiko,sangat paham teknologi,dan tidak mudah percaya dengan gombalan iklan dari brand dan perusahaan.Mereka sangat percaya pada para influencer,content creator,dan media sosial sebagai patokan dalam berbagai pengambilan keputusan mereka.Untuk menjual produk atau jasa kepada mereka memiliki tips dan trik tersendiri.

Berikut  5 Teknik Promosi Ampuh Untuk Kaum Milenial:

1.Jual Produk/Jasa Anda Secara Online

Milenial sangat menyukai berbelanja secara online ,berbagai survey menyebutkan kesukaan dan tingkat kepercayaan yang tinggi pada transaksi online.Oleh karena itu langkah pertama yang diambil untuk menjual kepada kaum milenial adalah mengonlinekan produk dan jasa anda.

Gadget, pakaian,dan kosmetik menjadi produk-produk yang cukup populer untuk para milenial.Karena karakteristik milenial yang sangat memperhatikan penampilan

2.Pengalaman Belanja Yang Mengesankan

Mudah dan cepat merupakan hal yang harus diingat ketika menjual barang dan jasa kepada milenial.Mereka terbiasa dengan era digital dimana distraksi merupakan salah satu hal yang sering mereka alami. Pada saat mereka mengunjungi website atau Instagram anda,ada kemungkinan yang sangat besar mereka juga sedang membuka tab browsernya dengan website dan Instagram dari kompetitor anda.Ketika anda menjual produk yang sejenis, maka kemungkinan besar, kaum milenial akan memilih website atau Instagram dengan respon tercepat, cara pembayaran termudah, dan barang/jasa dengan review positif dari influencer mereka.

3.Maksimalkan Media Sosial

Milenial sangat “bergantung” kepada media sosial. Melakukan penjualan atau berpromosi melalui channel ini akan sangat baik bagi produk/jasa anda. Secara umum, ada beberapa variasi cara untuk berpromosi lewat media sosial yang sesuai dengan kaum milenial:

          Testimoni Dari Customer

Seperti yang juga disebut sebelumnya,milenial sangat mempercayai rekomendasi. Mereka  cenderung bertanya terlebih dahulu kepada orang-orang terdekatnya,atau melihat testimoni orang lain di media sosial.Kolom komentar dan review yang disediakan di setiap lapak marketplace seperti Buka Lapak dan Tokopedia juga sering dijadikan referensi.

          Influencer

Selain orang terdekat dan testimoni pengguna, mereka juga cenderung mempercayai rekomendasi dari influencer yang mereka ikuti di media sosial seperti Instagram dan YouTube.Sebagai penjual,maka anda dapat mencoba bekerja sama dengan mereka untuk mempromosikan produk/jasa anda.Jangan lupa memastikan influencer yang anda pilih memang cocok dengan milenial dan juga cocok dengan produk/jasa yang anda tawarkan

 

4.Maksimalkan Konten Yang Anda Miliki

Tentunya jargon “content is the king” sudah cukup akrab dengan telinga anda. Era digital menuntut setiap brand setiap perusahaan untuk selalu mengembangkan konten yang mereka miliki.Ingat, milenial sangat jarang langsung membeli. Mereka akan meriset terlebih dahulu, salah satunya melalui website perusahaan / brand  anda. Mereka mencari produk mana yang cocok dengan kebutuhan mereka, apakah anda memang problem solver  yang mereka cari dan tawaran terbaik yang anda miliki untuk mereka. Selain itu,media sosial anda juga akan menjadi target riset mereka untuk mengambil keputusan.Ditunjang oleh testimoni dari pelanggan lama dan influencer yang mereka percayai.

5.Loyalty Program

Ini merupakan salah satu hal yang diriset oleh milenial sebelum membeli. Program loyalitas tidak hanya membuat mereka membeli, tetapi juga meningkatkan probabilitas mereka untuk membeli lagi.Anda dapat merancang sebuah sistem seperti point reward dimana setiap pembeli akan mendapatkan poin yang nantinya dapat ditukarkan oleh hadiah atau voucher. Tokopedia, OVO,dan Gojek merupakan beberapa contoh perusahaan yang menerapkan sistem ini. Tokopedia dengan kupon cashbacknyaOVO dengan OVO pointnya , dan Gojek dengan Go-Point.

Kesimpulan

Milenial merupakan kelompok konsumen yang unik. Mereka cenderung tidak mempercayai iklan dan kritis terhadap materi promosi yang mereka dapatkan. Berpromosilah melalui media-media yang mereka sukai.Media sosial merupakan salah satu media yang mereka sukai, demikian juga testimoni dari influencer yang mereka ikuti. Sudah cukup banyak penelitian mengenai milenial yang dapat dicari di Slide Share, Linked In,atau sumber-sumber lainnya. Pelajari lebih detail tentang bagaimana sifat dan kesukaan mereka agar promosi anda semakin mengena kepada mereka

 

 

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.